Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) adalah sebuah konsep pemasaran produk yang menggunakan komunikasi sebagai sarana utama dan terintergrasi menjadi sebuah kesatuan. "Komunikasi yang berintegrasi"
Komunikasi disini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan brand awareness atau pencitraan produk yang baik saja, namun juga harus dapat menimbulkan hasil penjualan yang baik.
Komunikasi disini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan brand awareness atau pencitraan produk yang baik saja, namun juga harus dapat menimbulkan hasil penjualan yang baik.
Konsep Dasar IMC
1. Personal Selling
Personal selling merupakan bagian dari direct marketing, namun perbedaan dasarnya adalah dalam personal selling, perusahaan yang dijembatani salesperson berinteraksi secara tatap muka dengan customer.
2. Sales Promotion
Pada konsepnya, Sales promotion digunakan untuk memotivasi konsumen agar melakukan aksi dengan membeli produk dengan adanya penawaran khusus dalam jangka waktu terbatas.
3. Direct Marketing
Direct marketing adalah salah satu point pada IMC yang memiliki sifat berhubungan langsung dengan konsumen, berusaha mempertemukan harapan konsumen dengan produk, membuat produk atau informasi yang diminta oleh konsumen cocok, efektif dan tepat waktu.
4. Advertising
Advertising merupakan sistem ‘meng-iklankan’, tetapi tidak gratis dan dilakukan oleh sponsor (perusahaan) yang teridentifikasi. Karakteristik dari iklan sendiri adalah bersifat non-personal, komunikasi satu arah, ada sponsor dan bertujuan untuk mengubah sikap dan perilaku.
5. Public Relation
Public Relation dalam konsepsi IMC melakukan pekerjaan yang sangat luas dan beragam, tidak hanya bertugas mengubah opini publik saja, tetapi juga bertugas mengatur corporate brand dan menjaga reputasinya.
6. Interactive Marketing
Interactive marketing disini lebih tertuju kepada bagaimana suatu perusahaan mampu atau tidak berkomunikasi dengan customer atau mampu memberikan solusi yang baik, yang terkait dengan penggunaan produk namun melalui cara yang interaktif atau saling menguntungkan.
PT Astra Honda Motor

Analisis IMC PT Astra Honda Motor
1. Personal Selling
PT Astra Honda Motor memiliki sales promotion girl (SPG) & sales promotion boy (SPB) sebagai personal selling yang ditempatkan pada dealer-dealer resmi, guna memberikan informasi kepada konsumen terkait produk-produk yang telah diluncurkan ke pasaran.
![]() | ||||
sales promotion girl Honda |
2. Sales Promotion
Sales promotion merupakan salah satu cara untuk memberikan penawaran-penawaran khusus/nilai tambah dari produk-produk yang dijual PT Astra Honda Motor kepada calon konsumen agar menarik minat mereka sehingga dapat meningkatkan penjualan.
![]() | ||
berbagai pilihan warna Honda Scoopy |
Pemberian Potongan Harga Khusus
Diskon Pembelian Honda Spacy Hingga Rp 500.000,-
Jakarta - PT Astra Honda Motor menantang masyarakat untuk membuktikan kehandalan motor terbaru mereka yakni Honda Spacy Helm In dalam sebuah roadshow di 77 kota di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Di kota-kota ini, Honda memberikan diskon khusus hingga Rp 500.000 untuk pembelian Honda Spacy Helm In. (detik.com|27/5/2011)
Beli Honda Blade, Gratis Bensin Selama Setahun
JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) bekerja sama dengan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) mengadakan program khusus bagi 1.000 pemilik pertama New Honda Blade. Hadiah utama adalah gratis BBM selama setahun. AHM menyiapkan hadiah khusus bagi 1.000 pembeli pertama New Honda Blade melalui program ini yaitu BBM 1 tahun senilai Rp2 juta dan spesial gift berupa tas ransel eksklusif serta jaket racing yang keren. (okezone.com|3-9-2011)
Merchandise
3. Direct Marketing
Departemen Penelitian PT Astra Honda Motor telah menyusun daftar klien yang luas sesuai demografi selama sepuluh tahun terakhir untuk menunjang keberhasilan besar kampanye direct mail perusahaan tersebut.
Disamping itu, PT Astra Honda Motor akan menyesuaikan selebaran direct mail agar dapat menggambarkan karakteristik perusahaan yang menunjukkan integritas, kenyamanan, dan layanan yang luar biasa. Setelah persetujuan akhir dari desain brosur direct mail, PT Astra Honda Motor akan memproduksi dengan harga yang kompetitif.
Disamping itu, PT Astra Honda Motor akan menyesuaikan selebaran direct mail agar dapat menggambarkan karakteristik perusahaan yang menunjukkan integritas, kenyamanan, dan layanan yang luar biasa. Setelah persetujuan akhir dari desain brosur direct mail, PT Astra Honda Motor akan memproduksi dengan harga yang kompetitif.
Selain itu, Call center PT Astra Honda Motor tidak menggunakan penjawab telepon otomatis,melainkan dengan menyediakan customer service yang sangat terlatih. PT Astra Honda Motor akan menindaklanjuti masalah atau keluhan yang telah disampaikan untuk tetap dapat menjamin kepuasan para pelanggannya.
4. Advertising
Setiap produk yang diluncurkan PT Astra Honda Motor memiliki karakteristik iklan yang berbeda, karena setiap produk memiliki segmentasinya masing-masing.
Tagline Honda
Iklan pada Televisi
![]() |
Honda Scoopy |
Iklan pada Brosur/leaflet
![]() |
Honda Beat |
Iklan pada Baliho
5. Public Relation
Public Relation yang bekerja pada PT Astra Honda Motor bertugas untuk meyakinkan customer bahwa produk-produk dari perusahaan tersebut memiliki karakteristik :
- Daya tahan yang tinggi (Durability)
- Kualitas standar internasional
- Ramah lingkungan
- Menghasilkan sarana transportasi yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.
6. Interactive Marketing
Pemasaran interaktif yang dilakukan PT Astra Honda Motor salah satunya dengan menjadi sponsor pada event tertentu.
![]() |
Honda Development Basketball League |
sumber :
www.wsmulyana.wordpress.com
www.astra-honda.com
www.google.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar